Umbrello, software UML dilingkungan GNU/Linux

Posted on

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hay teman – teman pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman lagi. Karena masih sempat menulis ya nulis.. 😀 . Ini ada tugas kuliah, tentang sistem berorientasi objek yang khusus membahas UML. Apa itu UML? UML merupakan singkatan dari Unified Modelling Language adalah bahasa pemodelan dibidang rekayasa perangkat lunak yang ditujukan untuk menyediakan standar untuk memvisualisasikan desain sistem. yah, gambar – gambar mirip flow chart lah. Software yang direkomendasikan sama dosen dan diwajibkan memang adalah Rational Rose yang dibuat sama IBM, bahkan dosennya sangat baik ngasi kekami masternya bersama CRACKnya hahaha. Tapi, Rational Rose hanya tersedia untuk Windows jadi saya mencoba mencari alternatifnya. Setelah googling kesana kemari gak ketemu dengan software yang menyerupai fungsi dari Rational Rose. Tapi, alhamdulillah ada teman yang sesama pengguna GNU/Linux dapat software UML yang namanya Umbrello.

Umbrello ini dibuat dan dikembangkan oleh KDE Developer, hmmm keren emang mereka. Saya tidak berfikir panjang lagi, langsung saya install…!! Untuk pengguna Linuxmint dan Ubuntu dapat menginstallnya melalui software center dan untuk manjaro melalui package manager. Tapi saya punya masalah setelah menginstall Umbrello, begitu juga dengan teman saya itu. Icon toolbarnya gak ada, alias hanya tulisan nama dari toolsnya. Sudah konfigurasi, masih tetap begitu. Seperti pada gambar dibawah ini:uml error

Saya fikir memang seperti itu, jadi saya langsung saja belajar cara menggunakannya. Cari video diYoutube eh, malah liat punya icon toolbarnya hahaha. Akhirnya saya berasumsi kalau ini memang masalah. Saya menyelam mencari solusi digoogle dan diforum2 akhirnya nemu solusi dan saya coba, akhirnya dapat juga.  Karena Umbrello ini dibuat sama Developernya KDE, jadi wajib hukumnya menginstall “oxygen-icon-theme”. Ternyata hanya itu masalahnya, hahahah.. lucu juga sih, tapi itu lah serunya pake OS GNU/Linux, membuat kita haus akan pengetahuan.

Cara nginstallnya, kalau diLinuxmint atau Ubuntu:sudo apt-get install oxygen-icon-theme-complete kalau dimanjaro cari aja dipackage manager, oxygen. Gampang kan? hehehe
Setelah menginstall oxygen-icon-theme hasilnya akan berubah seperti ini:(tapi sebelumnya, tutup dulu Umbrellonya kalau masih kebuka)

Screenshot_2015-10-22_23-41-08

Oke deh, kelar.. Segitu doang kok.. heeheh

Sekian dulu yah, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan Balasan

