Cara mengatasi mysql tidak dapat dijalankan di openSUSE

Posted on Updated on

Assalamu’alaikum

Saat saya menulis tutorial ini, saya lagi semangat karena baru saja menyelesaikan masalah yang saya alami diatas.

Saya baru saja ganti distro linux lagi :D. Saya sekarang menggunakan openSUSE Tumbleweed dan menginstall keperluan utama saya yaitu web server app. Waktu install pertama kali, Lamp gak ada masalah. tapi gak tau kenapa, tiba – tiba mysql(baca:mariaDB) gak bisa dijalankan. wow..!! setelah browsing selama berjam – jam gak paham – paham juga cara menyelesaikannya. Tapi, karena GNU/Linux selalu memberi tahu kalo ada yang tidak beres, maka saya dapat mengerti juga apa maunya. Saya sudah mau mengajukan pertanyaan kegrup tapi, ada bisikan yg mengatakan “jangan..!!!” wkwkwkwk..#lebay sebenarnya caranya mudah, begini caranya.

Ketika kita menggunakan openSUSE atau distro linux yg menggunakan systemd, ketika ingin menjalankan service aplikasi maka perintahnya

sudo systemctl start mysql.service

tapi, kalo sudah lama menunggu, maka dapat dipastikan error menunggu. maka akan tampil seperti ini:

mysqlinstallerror1

lakukan saja perintah untuk mengetahui apa yang menyebabkan mysql tidak berjalan dengan perintah yang diperlihatkan diatas, yaitu sudo systemctl status mysql.service

dalam kasusku, seperti ini tampilannya:

mysqlinstallerror2

Nah, begini dia gan analisanya, perhatikan baik – baik:

  1. code yang berwarna merah
  2. kemudian pemberitahuan kedua dari bawah dan,
  3. ketiga dari bawah.

disana tertulis permission denied = akses ditolak.(pada hal udah root loh)

akhirnya saya exit dari root dan melakukan perintah
sudo chgrp mysql /var/lib/mysql/linux-ibml.pid
sudo systemctl enable mysql.service
kemudian menjalankan mysql(baca:mariaDB) lagi
sudo systemctl start mysql.service

dan akhirnya

mysqlinstallerror3

Alhamdulillah… Allahuakbar..

Segitu aja sih, perkenalanku dengan openSUSE Tumbleweed.

See you again

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s