Mengatasi koneksi error download repo di openSUSE

Posted on Updated on

Assalamu’alaikum.

Teman – teman, saya punya pengalaman lagi dilingkungan Linux, khususnya openSUSE tumbleweed yang saya gunakan. Saat pertama kali menggunakan openSUSE diLaptop kesayangan, yg pertama saya lakukan adalah update atau refresh diopenSUSE. Namun ternyata, saat melakukan update/refresh, koneksi kerepositori bermasalah. Saya fikir ini masalah klasik diIndonesia yg punya koneksi internet yg buruk. Tapi, saya merasa keganjilan saat saya browsing difirefox tidak ada masalah, malahan buka youtube kwalitas HD juga gak masalah. Saya mulai curiga, ada apa ini? ternyata masalahnya adalah ipv6 aktif diopenSUSE secara default. Saya mencoba menemukan solusi untuk ini, dan ini yg saya lakukan untuk mematikan ipv6.

  1. Buka yast kemudian cari network settings>tab general>uncheck ipv6ipv7

ipv6

Bila cara diatas belum membuahkan hasil, keti main filenya langsung, caranya

    1. buka terminal>ketik>sudo vi /etc/sysctl.conf gunakan teks editor favoritmu disini saya menggunakan vi.
    2. kemudian tambahkan:
      net.ipv6.conf.all.disable_ipv6 = 1
      net.ipv6.conf.default.disable_ipv6 = 1
      net.ipv6.conf.lo.disable_ipv6 = 1

      dan save.

    3. kemudian sudo vi /proc/sys/net/ipv6/conf/all/disable_ipv6
      ubah 0 menjadi 1.

bila perlu, lakukan restart network atau restart system. Saya melakukan restart network manager.
sudo systemctl restart network.service
.

Oke.. Alhamdulillah akhirnya update kerepo udah bagus. Mudah – mudahan pengalaman saya ini dapat menjadi referensi buat teman – teman pengguna GNU/Linux khususnya openSUSE.

Terima kasih..

Tinggalkan Balasan

